Home » Berita » ACCESS’18 yang transformatif

ACCESS’18 yang transformatif

HIMMA UGM menyelenggarakan Accounting Competition and Strategic Seminar (ACCESS) dengan temaThe Transformative Power of FinTech”. ACCESS merupakan kegiatan utama HIMMA UGM tahun 2018 yang terdiri dari empat kegiatan berskala nasional yaitu:

  1. Strategic Seminar merupakan seminar berskala nasional yang bertujuan membahas isu-isu stratejik terkait financial technology (FinTech) baik dari sisi praktik dan regulasi.
  2. Fintech Now! yaitu seminar lanjutan dengan menghadirkan praktisi perusahaan fintech nasional.
  3. MAKSI Accounting Competition, yaitu kompetisi akuntansi untuk mahasiswa/i S1 dan setara, se-Indonesia.
  4. Call for Essay dengan tema The Transformative Power of FinTech.

Seluruh kegiatan ACCESS tersebut diadakan pada hari Jumat, 28 September 2018 di Auditorium Student Learning Center FEB UGM.

Strategic SeminarFintech Now!

Pada acara seminar nasional dan fintech now! ini, HIMMA beserta pengelola menghadirkan secara bersama-sama pihak regulator, asosiasi, sekaligus praktisi industri fintech di Indonesia yang telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Pada strategic seminar yang moderatori oleh dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Bapak Gunawan Wibisono, S.E., M.Acc., CA., CMA ini, hadir sebagai pembicara  adalah Chief Executive Officer (CEO) Dompetkilat.co.id, Sunu Widyatmoko dan perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan Pusat. Keduanya membahas mengenai pengertian, jenis dan perkembangan industri fintech di Indonesia dari berbagai sisi, baik dari keunggulan,kelemahan hingga tantangan yang harus dihadapi oleh industri fintech.

Setelah strategic seminar selesai, acara dilanjutkan kembali dengan format yang berbeda yaitu sejenis talkshow dengan mengundang perwakilan perusahaan fintech dalam Fintech Now!. Dalam acara ini, masing-masing perusahaan diberi kesempatan untuk memperkenalkan perusahaan mereka kepada audiens. Perwakilan perusahaan fintech yang hadir sebagai pembicara adalah awantunai, cashwagon, KreditPro, Aktivaku dan RupiahPlus. Audiens juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung atau bahkan membuka akun perusahaan fintech pada booth-booth yang telah disediakan panitia di selasar lantai satu Gedung Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Pada acara ini juga diberikan hadiah doorprize bagi peserta yang beruntung. Selamat!

Call for Essays & MAKSI Accounting Competition (MACC)

HIMMA UGM juga mengadakan kompetisi akuntansi dari ACCESS’18, yaitu Call for Essays dan MAKSI Accounting Competition (MACC) yang mengusung tema The Transformative Power of Fintech.

Dalam MACC, event ini menjadi sarana mahasiswa dalam berkompetisi akademik, berbagi wawasan, dan peduli terhadap isu akuntansi serta berani menyuarakan pendapatnya melalui forum debat akademik dengan yang keluar sebagai juara adalah sebagai berikut:

Juara Pertama: tim Universitas Gadjah Mada
Juara Kedua : tim STIE PERBANAS
Juara Ketiga : tim Universitas Negeri Yogyakarta

Selain MACC, pada kompetisi Call for Essays diperoleh susunan pemenang sebagai berikut:
🥇 Elshabita Auditya dari Universitas Airlangga,
🥈 Nur Arifah dari UIN Sunan Kalijaga,
🥉 Rizqi Fitriana dari Institut Pertanian Bogor,

BOOKLET kumpulan essay dari seluruh peserta Call For Essays dapat dilihat dan didownload pada tautan ini.

Terima kasih kepada keynote speaker dari Strategic Seminar dan Fintech Now! beserta seluruh perusahaan Fintech yang telah mendukung acara kami dan ikut serta memberikan edukasi kepada seluruh peserta tentang pemanfaatan fintech yang baik dan bijak supaya dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.