UGM menghabiskan ribuan dollar setiap tahunnya untuk berlangganan jurnal online. Kebanyakan dari kita hanya menggunakan fasilitas ini dari dalam kampus. Padahal, fasilitas ini dapat juga diakses dari luar kampus. Hanya saja, karena fasilitas ini adalah fasilitas khusus untuk civitas akademika UGM, maka ada sistem otorisasi yang diterapkan.

Untuk dapat membuka jurnal online dari luar jaringan internet UGM, ikutilah langkah-langkah berikut:

1. Bukalah website utama UGM yang beralamat di ugm.ac.id.

2. Cari link Direct Access Journal Online di kotak Direktori. Kalau mau cepat pencet saja Ctrl-F dan masukkan string Direct Access Journal Online. Klik link tersebut.

3. Link Direct Access Journal Online akan membawa Anda ke alamat ezproxy.ugm.ac.id. Masukkan user email sebagai username dan password email sebagai password. Jika belum memiliki email UGM, buat dulu aja (baca: panduan membuat email UGM).

4. Setelah berhasil login, Anda tinggal memilih mau buka jurnal online yang mana. Saat tulisan ini dibuat, jurnal online yang tersedia adalah: Ebsco, SpringerLink, ProQuest, IEEE, JSTOR, ScienceOnline, Scopus, dan E-journal DIKTI. Sementara link ScienceDirect ternyata sudah tidak dilanggan. Anda dapat mengklik salah satu (atau semua) link jurnal tersebut.

5. Jurnal yang menyediakan link PDF tetap dapat diunduh (di-download) seperti kalau kita mengakses langsung di kampus.

Teman-teman dan alumni Maksi,

HIMMA MAKSI FEB UGM menyalurkan bantuan bagi pengungsi Merapi, khususnya pengungsi di kampus UGM. Bantuan berupa dana bisa disalurkan melalui: Mandiri, no rek 119-00-0486193-4 a.n. Beta Andri Anggiano Uliansyah, setelah transfer harap konfirmasi via sms ke 085292418613 atau 08567074554.

Formulir Serah Terima Bantuan

Bagi teman-teman di luar kota, kiriman bantuan berupa barang bisa menggunakan layanan:
1. KA GRATIS untuk angkutan barang bantuan bencana dr Jkt ke YK. Droppoint di Sta. Senen. Jadwal kereta dr St.Senen: KA Senja Utama:19.30, KA Senja Utama Solo: 20.00, KA Fajar Utama Solo: 06.45.
2. CSMCargo, pengiriman bantuan Jkt-Jogja, GRATIS! hub CSMCargo Jl.Manggarai utara 6 no 9. CP 021-8313132. Sementara ini bantuan bisa via CSM Jakarta dan Surabaya.

Untuk update kebutuhan pengungsi, bisa memantau via http://twitter.com/ger_ugm

Bantuan disalurkan HIMMA bekerja sama dengan HMP (Himpunan Mahasiswa Pascasarjana) UGM. Terima kasih atas bantuannya.

Titipan info dari Himpunan Mahasiswa Pascasarjana UGM:

Undangan untuk menghadiri presentasi program S2/S3 dan beasiswa dari Graduate Institute of International and Development Studies (GIIDS) Geneva.

Tempat: Ruang Seminar Lantai 5 Sekolah Pascasarjana UGM.
Waktu: Rabu, 6 Oktober 2010.
Harap mendaftar dulu melalui: Nugroho Sukarno 0274 544975 atau Ana/Nehi 0274 564239

INVITATION
(Free of charge)
The Graduate Institute of International and Development Studies (GIIDS) Geneva Presentation on:

1. Master and Ph.D Programs
2. Scholarship

HIMMA mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya rekan alumni Nanang Supriyanta, alumni MAKSI UGM Angkatan 13, pada hari Sabtu tanggal 2 Oktober 2010. Sebelumnya, beliau bertugas di Ditjen Pajak, Kemenkeu.

Allahummaghfirlahu warhamhu waafihii wafuanhuTurut berduka

Sumber:
1. Antara.

Universitas Gadjah Mada menyediakan fasilitas hunian asrama bagi mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari luar Yogyakarta.

Saat ini ada 3 asrama yang tersedia, yaitu:
1. Cemaralima Residence.
Cemaralima Residence
Asrama bagi mahasiswa putra ini terletak di sebelah timur kampus UGM, tepatnya di sebelah selatan Ring Road Utara. Lokasinya sangat kondusif untuk belajar mandiri dan mengikuti kegiatan perkuliahan.
Penghuni asrama ini juga memiliki blog asrama di http://asramacemaralima.blogspot.com/

2. Dharmaputra Residence.
Dharmaputra Residence
Asrama putra ini terletak di sebelah barat Stadion Mandala Krida Yogyakarta, sehingga menjadi tempat yang strategis untuk menikmati kota Yogyakarta.
Saat ini ada beberapa mahasiswa Maksi yang menghuni asrama mahasiswa Dharmaputra, sehingga asrama tersebut sering menjadi tempat berkumpul dan belajar bagi mahasiswa Maksi.
Dharmaputra view

3. Ratnaningsih Residence.
Ratnaningsih Residence
Asrama putri ini disediakan bagi mahasiswi UGM, dan terletak di Jalan Kartini, Sagan, sehingga berada di lokasi yang cukup ramai sehingga mudah untuk mencari kebutuhan sehari-hari. Lokasinya juga tidak jauh dari kampus UGM.

Ratnaningsih view

* * *

Untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut, Anda harus terdaftar sebagai mahasiswa UGM yang dibuktikan dengan kartu mahasiswa atau surat aktif dari Maksi. Karena jumlah unit hunian yang bisa disediakan fasilitas ini masih terbatas, seorang mahasiswa hanya diperbolehkan menyewa hunian maksimal selama 1 tahun saja. Tahun berikutnya ia harus mencari hunian di tempat lain. Dengan demikian jika ingin mendapatkan suasana kondusif untuk menyelesaikan thesis, fasilitas ini paling cocok untuk ditempati sejak berada di trimester 1 Maksi. (Trimester 1, 2, 3 dan thesis).

Untuk informasi fasilitas dan harga sewa, silahkan merujuk ke tautan masing-masing asrama di atas atau melalui website resmi asrama UGM di alamat http://www.residence.ugm.ac.id/

Selamat kepada dosen, alumni dan mahasiswa Maksi yang telah lolos seleksi paper pada Simposium Nasional Akuntansi 13 di Purwokerto, 13-15 Oktober 2010.

1. "Pemrediksian Peningkatan Manfaat Penggunaan Situs Pajak: Model Kesuksesan Sistem dengan Pengindusian Informasi Orientasi Tujuan Pembelajaran dan Norma Subyektif" oleh Sumiyana dan Angelia Pribadi. Bidang: Sistem Informasi Akuntansi.

2. "Pengaruh Tekanan Ketaatan dan Tanggung Jawab Persepsian pada Penciptaan Budgetary Slack" oleh Prof. Dr. Slamet Sugiri, MBA dan Evi Grediani, SE, M.Sc., Ak. Bidang: Akuntansi Manajemen.

3. "Strategic Disclosure of Multiple Benchmarks in Earnings Announcements: An Experimental Study of Investors’ Behavior in Evaluating of Company Performance" oleh Sri Wahyuni dan Jogiyanto Hartono. Bidang: Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal.

4. "Analisis Penggunaan Benford’s Law dalam Perencanaan Audit pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai" oleh Muhamad Mufti Arkan. Bidang: Auditing.

5. "Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Keterlambatan dalam Penyusunan APBD (Studi Kasus Kabupaten Rejang Lebong Tahun Anggaran 2008-2010)" oleh Chitra Ariesta Pandan Wangi dan Irwan Taufiq Ritonga. Bidang: Akuntansi Sektor Publik.

6. "Faktor Nonkeuangan pada Opini Going Concern" oleh Junaidi dan Jogiyanto Hartono. Bidang: Auditing.

7. "Kinerja Akuntansi dan Kinerja Pasar sebagai Anteseden dan Konsekuensi atas Pergantian Chief Executive Officer (CEO): Kasus dari Indonesia" oleh Lindrianasari dan Jogiyanto Hartono. Bidang: Akuntansi Keuangan dan Pasar Modal.

8. "Apakah Incumbent Memanfaatkan APBD untuk Mencalonkan Kembali dalam Pemilukada" oleh Mansur Iskandar Alam, SE. Bidang: Akuntansi Sektor Publik.

Sumber: http://www.sna13purwokerto.com/

Fasilitas email ugm.ac.id adalah fasilitas yang diberikan bagi seluruh mahasiswa dan civitas akademika UGM. Mahasiswa Maksi pun berhak memiliki email ugm.ac.id. Syaratnya cuman satu, yaitu memiliki Kartu Mahasiwa UGM.

Email ini dapat digunakan seumur hidup, jadi sayang kalau ketika kita sudah memiliki Kartu Mahasiswa, kita tidak mengurus permintaan pembuatan email ugm kita. Karena ketika kita sudah lulus dan menjadi alumni, fasilitas email ini tidak bisa lagi kita mintakan. Namun bagi yang sudah punya, kita tetap dapat terus menggunakannya. Mungkin email ugm ini bisa jadi salah satu oleh-oleh selama kuliah di UGM.

email ugm.ac.id

Nah, bagi Anda yang belum memiliki email ugm, berikut ini langkah-langkah pembuatannya:

1. Daftar secara online melalui http://mail.ugm.ac.id/wmail/?a=email Isikan seluruh field yang diminta dengan data yang benar. Untuk domain email, pilih yang @mail.ugm.ac.id, karena yang @ugm.ac.id digunakan untuk dosen dan lembaga-lembaga di UGM (himma menggunakan domain email @ugm.ac.id). Jangan lupa, field nomor kartu identitas harus diisi dengan Nomor Mahasiswa yang benar karena nanti akan digunakan untuk verifikasi. Setelah lengkap terisi, klik Daftar.

2. Langkah selanjutnya, tunjukkan Kartu Mahasiswamu ke petugas di PPTIK. Kalau belum tahu tempatnya, tanya sama yang udah tahu :D Kalau belum ketemu juga, silahkan cari di gedung di boulevard, seberangnya University Club, dan ada tulisannya Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK - UGM). Webnya ada di http://pptik.ugm.ac.id/

3. Setelah account email di aktivasi oleh petugas di PPTIK, emailmu sudah bisa digunakan. Lakukan login melalui webmail.ugm.ac.id. Biasanya, pada login pertama selalu gagal. Jangan panik dulu. Kata petugas PPTIK, triknya adalah dengan mengirimkan dulu email ke alamat email UGM mu yang baru itu. Dengan demikian, inboxmu akan terbentuk dan login bisa dilakukan dengan lancar.

Jika masih bingung, bisa baca FAQ mengenai pembuatan email. Jangan lupa taati peraturan penggunaan email.

* * *

Kalau sudah punya email UGM lalu buat apa? Ada banyak fasilitas yang bisa didapat dengan email UGM. Salah satunya adalah membuat blog dengan domain namablog.blog.ugm.ac.id. Caranya? Tunggu ya nanti akan dipaparkan dalam posting berikutnya.

HIMMA mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Ibunda dari Bapak Mardiasmo, dosen pengajar MAKSI UGM, pada hari Jumat tanggal 24 September 2010.

Turut Berduka Cita

للَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Sebuah catatan yang ditulis oleh Ketua Himma sebagai hasil amatan perkembangan Himma dari Januari s.d. Agustus 2010.

Catatan Akhir Trimester - Agustus 2010

Tulisan dapat diunduh di sini. Jika link ini telah kadaluwarsa, silahkan request di forum himma untuk diunggah ulang.

Web HIMMA

Alhamdulillahi rabbil alamin, pada hari Rabu tanggal 8 September 2010, web HIMMA sudah dapat diakses oleh pengunjung. Nantikan perkembangan selanjutnya, kami akan menambahkan beberapa fasilitas pada web ini.

Syndicate content

Berlangganan

Syndicate content

Maksi UGM
Join HIMMA @ Facebook!
SNA 13 Purwokerto