Panduan Akses Jurnal dari Luar UGM

UGM menghabiskan ribuan dollar setiap tahunnya untuk berlangganan jurnal online. Kebanyakan dari kita hanya menggunakan fasilitas ini dari dalam kampus. Padahal, fasilitas ini dapat juga diakses dari luar kampus. Hanya saja, karena fasilitas ini adalah fasilitas khusus untuk civitas akademika UGM, maka ada sistem otorisasi yang diterapkan.

Untuk dapat membuka jurnal online dari luar jaringan internet UGM, ikutilah langkah-langkah berikut:

1. Bukalah website utama UGM yang beralamat di ugm.ac.id.

2. Cari link Direct Access Journal Online di kotak Direktori. Kalau mau cepat pencet saja Ctrl-F dan masukkan string Direct Access Journal Online. Klik link tersebut.

3. Link Direct Access Journal Online akan membawa Anda ke alamat ezproxy.ugm.ac.id. Masukkan user email sebagai username dan password email sebagai password. Jika belum memiliki email UGM, buat dulu aja (baca: panduan membuat email UGM).

4. Setelah berhasil login, Anda tinggal memilih mau buka jurnal online yang mana. Saat tulisan ini dibuat, jurnal online yang tersedia adalah: Ebsco, SpringerLink, ProQuest, IEEE, JSTOR, ScienceOnline, Scopus, dan E-journal DIKTI. Sementara link ScienceDirect ternyata sudah tidak dilanggan. Anda dapat mengklik salah satu (atau semua) link jurnal tersebut.

5. Jurnal yang menyediakan link PDF tetap dapat diunduh (di-download) seperti kalau kita mengakses langsung di kampus.

HIMMA

About HIMMA UGM

#Instagram HIMMA: @himma_ugm

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>